Tips Sehat Ala Anakk Kost


seiring dengan bertambah ya usia,tentunya kita harus mampu menyelesaikan setiap tantangan-tantangan yang tidak bisa kita hindari. ketika memasuki usia perkuliahan,sudah saatnya lah kita keluar dari zona nyaman. jika dulu kemana-mana selalu bersama orangtua ataupun segala sesuatu yang kita butuhkan masih bergantung pada orang tua,semuanya akan berubah jika kamu mulai menjalani hidup sendiri yang tentunya juga dituntut untuk hidup mandiri. 

hidup mandiri memang harus dibiasakan sejak sekarang,sebagai anak rantau yang jauh dari orang tua,melakukan semua kegiatan mulai dari bangun tidur harus merapikan kamar tidur sendiri lalu memasak makanan untuk sarapan sendiri,mencuci baju sendiri,tidur pun juga sendiri wkwkwk. namun yang paling penting dan harus diperhatikan oleh anak kost terutama anak kost perempuan adalah harus pandai menjaga kebersihan sekitar kamar kost,karena jika lingkungan bersih maka kita sudah pasti terhindar dari serangan penyakit apapun.

kamar kost yang baik setidaknya harus memiliki sbb:
1. ventilasi udara yang baik dan pencahayaan yang baik. jika tidak ada ventilasi di kamar kost,maka yang akan terjadi adalah udara pengap yang tidak baik untuk kesehatan.
2 air dan bak mandi yang bersih. usahakan mnimal 3xsehari bak mandi kamar kost harus dikuras. karena air adalah yang terpenting. jika air kotor maka akan menimbulkan penyakit kulit.
3. tersedia tempat pembuangan sampah yang cukup.




selain memperhatikan kesehatan sekitar kamar kost yang tak kalah penting adalah makanan yang kita konsumsi setiap hari. walaupun kita anak kost bukan berarti tidak merasakan yang namanya makanan bergizi seperti dirumah. maka,makanlah dengan makanan yang sehat dan kurangi memakan makanan instan. mengkonsumsi sayur adalah yang terpenting. paling tidakseminggu dua kali harus mengkonsumsi sayur. seperti contoh sayur sop atau sayur bayam.kemudian makanlah makanan yang mengandung protein. yang paling mjrah dan sering kita konsumsi adalh tahu dan tempe. selai harga yang pas dikantong makanan yang satu ini bisa dibuat sendiri dikost,atau jika sedang libur bisa mengkreasikan membuat olahan makanan sendiri. kemudian makanlah daging atau ikan paling tidak seminggu sekali. dan yang paling penting kita juga harus makan buah. agar tubuh lebih fresh dan tidak terkesan kering. makan saja buah-buahan yang mudah dicari disekitar kost seperti pisang,jeruk,semangka,dll



hidup sehat dan makanan yang sehat belum lengkap jika kita belum melaukan olahraga sama sekali. olahraga yang sangat mudah dilakukan anak kost adalah jogging di pagi hari setelah shalat subuh atau sore hari sepulang dari kuliah. dengan berolahraga maka akan mengurangi tingkat stres dalam pikiran kita selain juga melancarkan aliran oksigen dalam tubuh.membuat hati terasa nyaman. dan jangan lupa ibadah yaaa....

Komentar

Postingan Populer